IMIGRASI PALANGKA RAYA LAKUKAN PEMINDAHAN DETENI 2 WN TIONGKOK KE RUDENIM JAKARTA

Palangka Raya – (Jumat, 26/02) Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya melakukan kegiatan pemindahan deteni warga negara Tiongkok ibu dan anak inisial YX (44 Thn) dan YK (8 Thn)  ke Rumah Detensi Imigrasi Jakarta. Pemindahan ini berdasarkan Surat Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : IMI.5.GR.02.07-4.041 Tanggal 22 Januari 2021 tentang Persetujuan Pemindahan Deteni.

 

Adapun pemindahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku pada aturan penerbangan.Kegiatan pemindahan tersebut dikawal oleh empat pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya untuk diserahterimakan kepada pihak Rumah Detensi Imigrasi Jakarta dan selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan.

 

YX dan YK sendiri terbukti melakukan pelanggaran UU Keimigrasian pasal 75 ayat 1 UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Yang bersangkutan dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi Jakarta untuk kemudian menunggu proses pemulangan ke negaranya.

 

Sesuai dengan pasal 75 ayat 1, Pejabat Imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian terhadap orang asing yang berada di wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum dan tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *