DRIVE THRU PASPOR, INOVASI LAYANAN DALAM MEMPERMUDAH PENGAMBILAN PASPOR

Sebagai bentuk dari semangat Reformasi Birokrasi yang mencoba mengakomodir tuntutan dari masyarakat akan adanya perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang optimal dan dilatarbelakangi upaya dalam mengurangi jumlah kasus Covid-19 di masa pandemi ini agar tidak terjadi kerumunan di dalam ruang layanan, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya meluncurkan layanan Pengambilan Paspor Drive Thru. Drive Thru merupakan layanan yang terinspirasi dari restoran Fast Food atau cepat saji dimana para pemohon layanan pembuatan paspor dapat mengambil paspor yang sudah selesai melalui counter khusus di halaman depan kantor Imigrasi Palangka Raya tanpa harus turun dan memarkir kendaraannya.

 

Implementasi inovasi Drive Thru ini menjadi penting pada masa pandemi Covid-19 ini. Karena sebagai implementasi dari physical distancing antara petugas dan pemohon, sehingga meminimalisir interaksi antara pengguna layanan dan penyedia layanan serta membuat pelayanan jadi lebih mudah, cepat dan nyaman.

 

Prosedur pengambilannya bisa terbilang sangat mudah , pemohon tidak perlu susah payah turun dari kendaraannya , pemohon cukup memperlihatkan bukti pembayaran yang akan di cek oleh petugas yang berjaga, kemudian pemohon akan diberikan paspor yang sudah jadi , namun pemohon disarankan untuk mengecek paspornya terlebih dahulu agar jika terjadi kesalahan dalam penginputan data dan informasi pemohon bisa langsung mengadu kesalahan dan akan segera diperbaiki.

 

Adanya inovasi layanan ini merupakan berkat dari suatu ide-ide yang terus berkembang dari Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya serta masukan dan saran dari masyarakat, tujuannya agar Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya akan lebih mudah, lebih cepat dan lebih aman dan lebih nyaman. Strategi ini merupakan terobosan baru dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada.  Inovasi ini diperkenalkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan tanpa melupakan aspek keamanan terhadap Covid-19 bagi masyarakat.

Ditulis Oleh Antang Wiliam (Taruna Poltekim Tingkat I)

Penyunting (Reza)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *