Permudah Pelaporan Orang Asing, Imigrasi Palangka Raya Sosialisasikan APOA di Barito Utara

Palangka Raya – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya melakukan giat sosialisasi APOA kepada pihak hotel, penginapan, homestay, losmen serta instansi pemerintah yang terkait di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Rabu (6/10).

Bagi pemilik hotel, penyedia layanan penginapan, dan losmen salah satu hal yang merepotkan adalah melaporkan keberadaan orang asing tersebut. Mereka harus datang ke kantor imigrasi sambil membawa sejumlah berkas terkait orang asing tersebut.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Palangka Raya, Rizki Fajar Ernanda, mengatakan kegiatan sosialiasi ini bertujuan untuk Mensosialisasikan tentang kewajiban pemilik hotel, pengurus penginapan, penyedia layanan penginapan dalam hal pelaporan data orang asing dan tata cara penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA).

Seperti diketahui, kewajiban dan sanksi pelaporan orang asing dalam UU No. 6 tahun 2011 tentang keimigrasian pasal 72 bahwa, pejabat Imigrasi yang bertugas dapat meminta keterangan dari setiap orang yang memberi kesempatan menginap kepada orang asing mengenai data orang asing yang bersangkutan.

“Pemilik atau pengurus tempat penginapan wajib memberikan data mengenai orang asing yang menginap di tempat penginapannya jika diminta oleh pejabat Imigrasi yang bertugas,”ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara ‘door to door’ ke beberapa hotel di Barito Utara, diantaranya Hotel Armani, JnB Hotel, Berkat Raudah Hotel, Penginapan Nusantara Dua, dan penginapan lainnya di Muara Teweh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *