IMIGRASI PALANGKA RAYA MENGIKUTI SOSIALISASI PERMENKUMHAM TENTANG KONSULTAN DAN PENJAMIN KEIMIGRASIAN

Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya mengikuti Sosialisasi secara virtual Permenkumham tentang Konsultan dan Penjamin Keimigrasian, kegiatan yang diselenggarakan oleh Ditjen Imigrasi
ini diikuti oleh Divisi Keimigrasian seluruh indonesia, Kantor Imigrasi seluruh Indonesia beserta atase imigrasi pada perwakilan-perwakilan RI di luar negeri, Selasa (19/21).

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut telah diundangkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 35 tentang Konsultan Keimigrasian serta Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 36 tentang Penjamin Keimigrasian.

 

Dalam sambutannya Plt Dirjenim, Widodo Ekatjahjana menyampaikan bahwa lahirnya peraturan ini adalah untuk mengajak stake holder baik dari imigrasi maupun penjamin orang asing dan konsultan keimigrasian untuk bersama-sama bertanggung jawab secara hukum atas keberadaan dan kegiatan orang asing yang berada di Indonesia, selain itu dengan hadirnya Permenkumham ini adalah untuk memperbaiki tata kelola kehadiran penjamin dan konsultan keimigrasian yang selama ini masih belum memiliki kejelasan hukum, ujar Widodo Ekatjahjana.

Sementara itu menurut Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Pria Wibawa menyampaikan bahwa saat ini banyak orang asing yang melakukan pelanggaran keimigrasian yang setelah didalami ternyata tidak mempunyai penjamin yang yg jelas untuk itu beliau berharap implementasi Permenkumham ini menjadi acuan dalam melakukan pengawasan.

 

Sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Gorontalo selaku Ketua Satgas Percepatan Perumusan Peraturan Perundangan, Bapak Ujo Sujoto. Kemudian selanjutnya penyampaian pemaparan serta demonstrasi Aplikasi Kesisteman Konsultan dan Penjamin Keimigrasian oleh Direktorat Sistem Teknologi Informasi yang nantinya akan memudahkan para penjamin dalam memperoleh keabsahan hukum dari Direktorat jenderal Imigrasi.

Sebelum kegiatan ditutup dilakukan diskusi dan tanya jawab, dari sosialisasi ini diharapkan implementasi Permenkumham Tentang Konsultan dan Penjamin Keimigrasian ini dapat memberikan kemudahan dan kepastian pada stake holder yang berurusan dengan pelayanan keimigrasian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *