PENDAMPINGAN SERTA PENGUATAN TUSI KEIMIGRASIAN DI WILAYAH KALIMANTAN TENGAH OLEH TIM ASISTENSI DIRJENIM

Palangka Raya – Bertempat di Aula Mentaya gedung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dilaksanakan kegiatan Pendampingan Penguatan dan Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Keimigrasian Unit Pelaksana Teknis di Kalimantan Tengah Tahun 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah (Ilham Djaya), dengan pembicara yaitu Analis Keimigrasian Ahli Utama Direktorat Jenderal Imigrasi, Rochadi Iman Santoso dan Yudi Kurniadi, sementara sebagai moderator adalah Kepala Divisi Keimigrasian, Ignatius Purwanto dan dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi Palangka Raya, Ujang Cahya serta jajaran pejabat struktural, pejabat fungsional dan pelaksana pada divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalteng dan Imigrasi Palangka Raya, Rabu (17/11).

 

Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti perintah Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Eka Tjahjana melalui surat keputusan Nomor: IMI-0378.KP.04.01 tahun 2021 tanggal 4 Oktober 2021 tentang Tim Asistensi Direktorat Jenderal Imigrasi untuk program pendampingan, penguatan serta koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian UPT di daerah dan perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan tugas dan fungsi Keimigrasian serta meningkatkan capaian target kinerja Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai bagian dari urusan pemerintahan negara sesuai dengan fungsi keimigrasian. Selain itu, dengan permintaan dari Plt. Dirjen Imigrasi bahwa Tim diharapkan dapat membantu Unit Pelaksana Teknis untuk menyelesaikan permasalahan keimigrasian yang dihadapi.

 

Dalam paparannya, Rochadi Iman Santoso menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian antinya ada mekanisme tata kinerja antara jabatan administrasi, jabatan fungsional dan pimpinan tinggi sehingga permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian dapat dilaporkan berjenjang di wilayah dan disampaikan kepada Tim Asistensi agar nantinya dapat diteruskan ke Dirjen Imigrasi. Disamping itu sebagaimana arahan Plt. Dirjen Imigrasi, harus ada keseimbangan antara pelayanan dan penegakan hukum karena selama ini kita terlalu fokus pada pelayanan yang dimana saat ini tugas dan fungsi pelayanan kita sebenarnya sudah lebih baik.

 

Kemudian Yudi Kurniadi juga mengatakan bahwa saat ini kita sedang melakukan revitaslisasi keimigrasian, dimana peningkatan pengawasan dan penegakan hukum keimigrasian menjadi hal utama yang akan dilakukan. “Saat ini kita sedang merubah mindset tusi keimigrasian yang pro kepada penegakan hukum”, ujar Yudi Kurniadi. Diakhir beliau berpesan kepada Divisi keimigrasian agar segera membentuk tim penilai Analis Keimigrasian di kantor wilayah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *