Imigrasi Palangka Raya Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”

Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya mengikuti kegiatan Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 (01/06), dengan  tema ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Upacara dilaksanakan secara virtual melalui saluran di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP dan Siaran TV Nasional menggunakan Pakaian Adat dari rumah masing-masing. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 pertama kali diselenggarakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta yaitu  di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dan memberikan amanat upacara. Ende merupakan tempat bersejarah dimana Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, Bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila. Disahkan PPKI sebagai dasar negara mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara. “Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan serta ujian-ujian yang telah dibuktikan pada perjalanan sejarah bangsa”, kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan untuk kita harus sungguh-sungguh dalam mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila dan diwujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan serta diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antara sesama anak bangsa.

“Menghadapi situasi dunia yang bergejolak Pandemi Covid 19 yang belum sepenuhnya berakhir diikuti oleh krisis energi dan pangan serta ancaman kemiskinan ekstrim dan kelaparan dan juga perang di Ukraina. Sebagai pemegang mandat presidensi G20 kita mengajak semua negara maju di dunia untuk bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis dimasa depan. Dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai, dan lebih berprikemanusiaan, dan lebih berprikeadilan”, jelasnya.

Jokowi  juga mengajak para pemimpin untuk dapat menjadi teladan serta contoh dalam aktualisasi dalam nilai-nilai Pancasila mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

Kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *