Imigrasi Palangka Raya Ikut Kegiatan Tanam Jagung Di Wilayah Khusus Lapas Kelas III Sukamara

Sukamara – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional dan percepatan 100 hari kerja Kanwil Kemenkumham Kalimantan tengah”, Kemenkumham Kalteng melalui Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara melaksanakan kegiatan penanaman bibit jagung perdana pada Rabu (20/07/2022). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi dan Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital Fajar B.S. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya Ujang Cahya dan seksi Tikim turut hadir berpartisipasi serta meliput kegiatan Penanaman Jagung tersebut.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra dalam laporan kegiatan mengatakan bahwa Pengembangan Lahan Jagung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara adalah bentuk partisipasi dalam mendukung program pemerintah. “Kegiatan yang terlaksana hari ini merupakan bentuk kerjasama antara Kemenkumham, Kementerian Pertanian, dan juga Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yang nantinya diharapkan dalam berdampak pada pengembangan Industrialisasi Pertanian dan Agrowisata khususnya di Kabupaten Sukamara,” ujarnya.

Dalam sambutan Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S Lase menyampaikan bahwa pengembangan lahan jagung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara sebagai bentuk respon dan dukungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI melalui UPT Pemasyarakatan terhadap Program Pemerintah Pusat untuk mewujudkan Ketahanan Pangan bagi Indonesia menjadi lumbung pangan nasional.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi mendukung kegiatan penanaman jagung yang memanfaatkan lahan di lingkungan Kemenkumham. Menurutnya, pemanfaatan lahan ini tidak saja dapat mendukung ketahanan pangan, tetapi juga mewujudkan kedaulatan pangan (food soveregnity), kemandirian pangan (food resilience) serta keamanan pangan (food safety).

Pada kegiatan tersebut Wamentan RI menyerahkan bibit jagung secara simbolis kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM RI Kalimantan Tengah dilanjutkan penanaman perdana bibit jagung oleh Wamentan RI, Staf Khusus Menteri Hukum Dan HAM RI, Bupati, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng, dan Pimti Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kalimantan Tengah.

Kegiatan berjalan tertib dan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *