Rayakan HUT Ke-77 RI Imigrasi Palangka Raya Berikan Layanan Paspor Gratis

Palangka Raya – Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia jatuh pada Rabu (17/08) yang diawali dengan pelaksanaan Upacara Bendera di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah. Dengan menerapkan semangat serta optimisme para pahlawan yang telah berjuang memperjuangkan kemerdekaan, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya mengadakan pelayanan Eazy Passport. Suasana kemerdekaan membuat pelaksanaan kegiatan berjalan dengan meriah karena diselenggarakan di tempat berbeda. Kali ini pelayanan Eazy Passport bertempat di Rumah Tjilik Riwut Resto & Gallery. Tempat ini merupakan rumah pribadi Tjilik Riwut, beliau pahlawan Nasional sekaligus pendiri Kota Palangka Raya yang juga merupakan Gubernur pertama Provinsi Kalimantan Tengah. Rumah tersebut telah direnovasi menjadi galleri untuk menyimpan kenangan serta sejarah perjuangan Tjilik Riwut mulai dari pakaian, senjata, buku-buku, piagam-piagam penghargaan serta foto-foto kegiatannya yang terpampang rapi di dinding cafe.

Selain memperingati HUT RI, Eazy Passport juga di selenggarakan untuk menyambut hari Dharma Karya Dhika Kemenkumham Ke-77 pada tanggal 19 Agustus. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya memberikan pelayanan spesial dalam merayakan dua hari besar yang berdeketan tersebut dengan memberikan layanan paspor gratis untuk 2 (dua) pemohon yang lahir pada tanggal 19 Agustus dengan nomor antrian pertama. Iringan Musik tradisional dayak menjadi hiburan di sela sela pelayanan Eazy Passport. Jumlah pemohon paspor yang dilayani sebanyak 9 orang dengan rincian penggantian paspor 1 orang dan paspor baru 8 orang.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra yang mendampingi kegiatan Eazy Passport menyampaikan sangat mengapresiasi pelayanan paspor yang diberikan di hari kemerdekaan RI ini oleh Imigrasi Palangka Raya. “Pelayanan paspor yang dilaksanakan diluar kantor akan memberikan kedekatan kepada masyarakat sehingga lebih fleksibel dalam melakukan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik”, ucapnya. Pemilik tempat penyelenggara Rumah Tjilik Riwut Resto & Gallery Ida Riwut yang juga cucu dari Tjilik Riwut merasa bangga tempatnya bisa menjadi tempat penyeleggaraan pelayanan publik. Menurutnya hal ini bisa mempromosikan budaya Kalimantan Tengah kepada masyarakat untuk lebih dikenal. “Semoga hal ini bisa menarik minat masyarakat juga untuk mengetahui budaya serta pahlawan Kalimantan Tengah”, ujar ida.

Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan tertib lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *