Humas Imigrasi Palangka Raya Koordinasi dan Sosialisasi M-Paspor ke Kementerian Agama Pulang Pisau

Pulang Pisau-  Berdasarkan Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-03.PR.01.03 Tahun 2022 Tanggal 28 Desember 2022 tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2023, salah satu target kinerja yang menjadi fokus adalah pengenalan aplikasi M-Paspor kepada masyarakat. Aplikasi M-Paspor merupakan salah satu inovasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk pendaftaran paspor online pengganti dari aplikasi sebelumnya yaitu Aplikasi Antrian Paspor Online (APAPO).  Tim Humas Imigrasi Palangka Raya berkunjung ke Kabupaten Pulang Pisau untuk melaksanakan sosialisasi M-Paspor secara Door To Door.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu instansi untuk pengenalan aplikasi M-Paspor dan pelaksanakan Koordinasi mengenai jamaah Haji/Umrah. Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Yanuar, didampingi oleh Kasubsi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Prabowo menjelaskan, aplikasi M Paspor bertujuan untuk memberi kemudahan pada masyarakat dalam hal efisiensi dan efektifitas waktu. Dengan aplikasi M-Paspor ini pemohon dapat merasakan beberapa manfaat yakni melakukan pendaftaran paspor ke Kantor Imigrasi yang dipilih sekaligus menentukan jenis paspor yang diinginkan dan mengunggah dokumen persyaratan yang diperlukan secara mandiri.  Tim juga menyampaikan informasi mengenai layanan percepatan paspor 1 hari jadi atau bisa dibilang layanan VIP yang telah diterapkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi sejak Tahun 2019 lalu. Layanan percepatan merupakan layanan pembuatan paspor dengan waktu sehari jadi untuk memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan paspor cepat atau bersifat mendesak. Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang perlu dibayarkan untuk layanan percepatan paspor 1 hari jadi adalah Rp. 1 juta. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan percepatan paspor 1 hari jadi agar langsung datang ke Kantor Imigrasi Palangka Raya maksimal Pukul 10.00 WIB.

Koordinasi pelaksanaan pembuatan paspor Haji/Umrah juga menjadi pembahasan dalam giat ini, yaitu mengenai surat rekomendasi travel yang menaungi keberangkatan Jamaah Haji/Umrah agar dapat dipastikan secara legal dan terdaftar secara resmi pada Kemenag setempat. Hal ini sebagai tindakan preventif untuk penipuan atau mengarah pada TKI NP yang nantinya akan merugikan para jamaah. Pihak instansi Kemenag Pulang Pisau memberikan sambutan hangat akan kedatangan Imigrasi untuk menyampaikan informasi terkait Keimigrasian. “kami mengucapkan terima kasih atas penyampaian informasi yang diberikan ini sangat bermanfaat dan nantinya akan kita teruskan ke masyarakat yang ingin membuat paspor”,ucapnya. “Dan terkait Travel Agent yang menaungi jamaah Haji/Umrah kita berusaha untuk mengakomodir agar sesuai dengan prosedur”, jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama 3 hari dari Tanggal 08 s.d 10 Februari 2023 dan mengunjungi beberapa Instansi lain di Kabupaten Pulang Pisau diantaranya : Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (09/02/2023), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (09/02/2023), Dinas Lingkungan Hidup (09/02/2023), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (10/02/2023), serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (10/02/2023).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *