Kanim Palangka Raya Ikuti Rapat TIMPORA Divisi Keimigrasian Kanwil KumHam Kalteng

Palangka Raya-Berkaitan dengan undangan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Nomor : W.17.UM.01.01-616 tanggal 24 Februari 2023 perihal Undangan Rapat TIMPORA Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, maka Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya Mulyadi bersama dengan Kasi Inteldakim Muchlis Amri dan Kasubsi Intelkim M. Syukran menghadiri kegiatan tersebut(06/03). Bertempat di Luwansa Hotel, kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB dan acara dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Hendra Eka Putra.

Tujuan dari dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk terwujudnya pemahaman tentang sinergitas dan peraturan terbaru dalam melaksanakan pengawasan orang asing di masa pandemi di Wilayah Kalimantan Tengah serta terwujudnya koordinasi yang baik antar instansi vertikal dan pemerintah daerah yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) dalam melakukan pengawasan orang asing sehingga dapat terwujud kesepahaman terkait upadate regulasi yang selalu berubah sesuai dengan kondisi pandemi saat ini serta upaya dalam pemulihan ekonomi nasional.

Rapat Timpora dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Divisi Keimigrasian, Arief Munandar selaku narasumber yang menyampaikan peraturan dasar terkait Keimigrasian yaitu UU NO. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian khususnya dasar hukum TIMPORA. “Tantangan Keimigrasian yang dihadapi yaitu Penegakan Hukum Keimigrasian yaitu mengamankan perbatasan negara dari pergerakan orang asing yang tidak diinginkan serta kegiatan orang asing tidak sesuai dengan izin yang diberikan dan Pemberian Kemudahan Investasi seperti memberikan kemudahan investasi dan perlintasan bagi orang dan barang sesuai dengan yang diperuntukannya”, jelasnya. Selain itu, dijelaskan mengenai Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0058.GR.01.01 Tahun 2023 tentang Kebijakan Keimigrasian Mengenai Layanan Visa Kunjungan Saat Kedatangan Elektronik (E-VOA), Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa On Arrival), dan Bebas Visa Kunjungan Untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Kegiatan Rapat Timpora Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah berjalan aman dan lancar.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *