Imigrasi Palangka Raya : Buat Paspor Tidak Ribet

Palangka Raya-Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya merupakan salah satu Instansi penyelenggara pelayanan publik bidang Keimigrasian. Jenis pelayanan Keimigrasian yang diberikan kepada masyarakat meliputi layanan pembuatan paspor WNI, pengurusan izin tinggal bagi Orang Asing, dan pengawasan terhadap WNI dan Orang Asing. Peningkatan pelayanan selalu berusaha diberikan demi kepuasan masyarakat dan kebutuhan pelayanan terpenuhi.

Kualitas pelayanan publik keimigrasian dalam hal pembuatan paspor telah bertransformasi melalui sarana dan prasarana penunjang layanan. Penyederhanaan alur birokrasi ketika membuat paspor sekarang menjadi lebih mudah, karena juga sudah dilengkapi dengan teknologi. Antrian paspor yang sudah menggunakan Aplikasi M-Paspor memberikan kepastian waktu dan layanan sesuai dengan jadwal yang dipilih. Penulisan formulir sudah tidak dilakukan, sehingga membuat pelayanan menjadi paperless dan memangkas waktu.

Pemohon yang akan membuat paspor diharuskan untuk mendaftarkan diri lewat Aplikasi M-Paspor untuk mendapatkan kuota antrian kecuali pemohon yang masuk dalam layanan prioritas. Lakukan pembayaran terlebih dahulu sesuai dengan jenis paspor yang dipilih Paspor Biasa atau Paspor Elektronik. Dokumen persyaratan yang dibawa adalah dokumen asli serta fotocopy seperti KTP, KK, dan Akte Kelahiran/Ijazah. Setelah melengkapi persyaratan, dilakukan verifikasi dokumen persyaratan. Apabila dokumen yang dibawa sudah lengkap, maka alur permohonan dilanjutkan dengan pengambilan foto biometrik dan sidik jari serta wawancara oleh petugas imigrasi. Proses penyelesaian paspor membutuhkan waktu 3 hari kerja.

Imigrasi Palangkara Raya berusaha memberikan informasi kepada masyarakat secara baik dan jelas, tetapi jika ada hal yang masih perlu ditanyakan bisa menghubungi layanan pengaduan atau chat melalui platform media sosial yang tersedia. Diharapkan dengan adanya pelayanan publik secara prima dan transparan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik khususnya dibidang Keimigrasian.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *