Kanim Palangka Raya Ikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-115

Palangka Raya-Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) Ke 115 Tahun 2023 serentak digelar di Pusat dan Wilayah yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2023. Hari Kebangkitan Nasional diperingati untuk terus menumbuhkan semangat dalam memelihara, menumbuhkan  dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan, menegakkan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bertempat di Halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional diikuti oleh perwakilan dari masing-masing UPT se-Palangkaraya termasuk Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya, Senin (22/05/2023). Bertindak selaku Inspektur Upacara Kakanwil Kemenkumham Kalteng (Hendra Ekaputra) juga dihadiri oleh Para Kadiv, Ka. UPT, Seluruh Pejabat dan Pegawai di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Dalam sambutan Plt.Menteri Komunikasi dan Informatika RI (M. Mahfud MD) yang dibacakan oleh Kakanwil (Hendra Ekaputra) mengingatkan kembali mengenai seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur.

Didirikan oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. Di samping itu, Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni:

  1. Memerdekakan cita-cita kemanusiaan,
  2. Memajukan nusa dan bangsa, serta
  3. Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata

Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak  mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu- membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun”, ucapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *