Kanim Palangka Raya Ikuti Penguatan dan Pendampingan oleh Kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya-Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya menyambut kedatangan Tim Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng bagian Program dan Humas yang melaksanakan Penguatan dan Pendampingan SPIP, MR, SPBE, PPID, UPP/ UPG, dan Pembangunan ZI Menuju WBK/ WBBM pada Selasa(18/07/2023). Kegiatan Penguatan dan Pendampingan dari bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Kalteng diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya bertempat di Aula Kantor. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya Mulyadi, membuka kegiatan tersebut dan mengucapkan terima kasih atas kunjungannya dan semoga dengan penguatan dan pendampingan ini Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya bisa memberi arahan serta solusi akan kendala yang dihadapi oleh para pegawai. Mulyadi menyampaikan bahwa Kanim Palangka Raya yang sudah meraih Zona Integritas WBK di tahun 2021 sedang berusaha melaksanakan Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM serta  pemenuhan dan upload data dukung LKE dan RKT.

Kepala Bagian Program dan Humas Diana Soekowati, memberikan informasi bahwa saat ini website ERB sudah mengalami perubahan dari Biro Perencanaan Pusdatin. “Dalam pemenuhan data dukung RKT terdapat fitur terbaru yaitu RB General, Meso, dan Tematik maka dari itu kepada tim pokja upayakan dapat melengkapi sesuai dengan data dukung yang diminta”, jelas Diana. Data dukung RKT yang baru di B06 dan B09 akan fokus di RB General, sedangkan B12 akan dilengkapi dengan RKT RB Tematik. Lebih Lanjut Kanwil Kemenkumham Kalteng akan mengadakan evaluasi untuk seluruh satker se-Kalimantan Tengah yaitu 19 UPT.

Diana Soekowati juga memberikan penjelasan terkait SPBE, sesuai hasil evaluasi dari Pusdatin dimana terdapat 14 idikator yang harus dipenuhi dan untuk Kanim Palangka Raya sudah mencapai kategori baik yaitu dengan nilai 2,71, “Semoga kedepannya nilai SPBE bisa semakin meningkat dari tahun sebelumnya”, jelas Kabag Program dan Humas.

Sebagai narasumber kedua Kepala Subbagian Humas, RB, dan TI Anggun Prasetyo Nugroho, memberikan penguatan dalam bidang kehumasan. Kasubag Humas RB dan TI memberikan arahan bahwa humas merupakan pusat informasi dan menjadi salah satu faktor penentu dalam membangun citra positif kinerja instansi melalui glorifikasi media sosial satuan kerja UPT.

Publikasi pemberitan di website internal Kemenkumham harus melalui media-media eksternal yang sudah terverifikasi oleh dewan pers sehingga berita-berita yang disampaikan dapat masuk dalam pemantaun media Biro Humas Sekjen. Anggun juga mengingatkan dalam pengelolan website dapat berpedoman pada Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sehingga Imformasi yang ditampilkan di Web dapat memuat layanan-layanan dan informasi yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat. Diakhir kegiatan, Anggun menyampaikan jika dalam pelaksanaan kehumasan publikasi berita terdapat kendala agar dapat berkonsultasi dengam Sub Bagian Humas RB dan TI Kantor Wilayah untuk bisa memberikan solusi akan kendala tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *