Peringati Hari Lahir Pancasila, Imigrasi Palangka Raya Ikuti Upacara di Kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya – Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah pada (01/06). Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka UPT), Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT, JFU dan jajaran UPT yang ada di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng dengan menggunakan pakaian adat berbagai daerah menunjukkan jiwa nasionalisme. Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang di dalamnya terdapat nilai-nilai toleransi, harmonisasi, dan bersifat terbuka mengikuti perkembangan jaman.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Plh. Kepala Kantor Wilayah Kepala Divisi Administrasi (Joko Martanto), membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Dalam sambutannya beliau mengatakan, “Pada hari ini Tanggal 1 Juni, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK)”. Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Pada kesempatan ini diharapkan seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari  Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.